Selayang Pandang

Tantangan yang mengedepankan pentingnya pengetahuan sebagai pendorong utama pertumbuhan suatu bangsa seperti ini, belum pernah dialami oleh umat manusia sebelumnya. Daya saing tersebut semakin tidak bergantung lagi pada kekayaan sumber daya alam dan tenaga kerja yang murah, akan tetapi semakin bergantung pada pengetahuan yang dimiliki dan dikuasai oleh suatu bangsa. Pengetahuan tersebut dapat memfasilitasi suatu bangsa dalam memanfaatkan dan memproses sumber daya alam sebelum dilemparkan ke pasar global.

Sumber daya manusia yang tersedia hanya akan dapat mendukung pertumbuhan bila disertai dengan penguasaan pengetahuan yang sesuai dan memadai. Tanpa penguasaan tersebut, jumlah penduduk yang besar hanya akan menambah beban bangsa untuk mencapai serta mempertahankan tingkat kesejahteraan yang pantas.

Kian hari, perkembangan teknologi dan ekonomi RRT di dunia pun kian maju. Seiring perkembangan ini, bahasa Mandarin secara alami makin memantapkan posisinya untuk menjadi bahasa internasional kedua di dunia setelah bahasa Inggris.

Akademi Bahasa Asing Internasional (ABA Internasional) turut serta ambil bagian dalam usaha memajukan Negara tercinta ini dengan menyiapkan SDM handal dalam komunikasi bahasa Mandarin dengan harapan lulusan ABA Internasional dapat memberikan kontribusi bagi terjalinnya komunikasi dan hubungan yang lebih erat antar Negara Republik Indonesia dengan RRT di berbagai bidang.

Sesuai berkembangnya kebutuhan masyarakat, ABA Internasional berkomitmen untuk mendidik generasi siap guna yang memiliki kemampuan komunikasi dalam Bahasa Mandarin dalam penyediaan tenaga pengajar, penerjemah dan tenaga kerja bidang lain.


Sekilas mengenai ABA Internasional

Akademi ini diberi nama Akademi Bahasa Asing Internasional disingkat ABA Internasional.

ABA Internasional didirikan oleh Yayasan Citra Cemara Bandung dengan izin SK Mendiknas RI No.01/D/O/2004 dan telah terakreditasi BAN-PT.

Akademi ini berkedudukan di Kota Bandung, Provinsi Daerah Tingkat I Jawa Barat, Indonesia.

Akademi ini berasaskan Pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara.

ABA Internasional juga merupakan tempat dilaksanakannya pelatihan dan ujian HSK.

ABA Internasional Campus @ Kota Baru Parahyangan

ABA Internasional memiliki program diploma tiga Bahasa Mandarin dengan kurikulum 120 sks yang dapat ditempuh dalam jangka waktu 6 – 10 semester (3–5 tahun). Setelah menyelesaikan kuliah dan dinyatakan lulus ujian mata kuliah serta sidang akhir, lulusan akan mendapatkan ijazah diploma dengan gelar Ahli Madya (A.Md).

Alumnus ABA Internasional dapat melanjutkan kuliah untuk mendapatkan gelar S1 dengan cara:
  1. Mengikuti perkuliahan e-learning selama dua tahun (kerja sama dengan Xiamen University)
  2. Dengan rekomendasi dari ABA Internasional, melanjutkan kuliah selama 2 tahun di universitas yang berada di RRT.
  3. Kuliah selama 1 tahun di universitas yang berada di Indonesia yang bekerjasama dengan ABA Internasional.