PRESTASI MEMBANGGAKAN ABA INTERNASIONAL BANDUNG
Sophiani Regina,B.A., M.TCSOL.

 

Pada lomba “Chinese Bridge 2019” se-Jawa Barat kategori mahasiswa yang diselenggarakan di Bandung tanggal 14 April 2019, tiga dari empat orang perwakilan mahasiswa Program Studi D-III Bahasa Mandarin Akademi Bahasa Asing Internasional (ABA Inter) Bandung memberikan penampilan yang gemilang dan meraih peringkat juara, yakni Juara I, Juara 2 dan Juara Pidato. Diantaranya, peraih Juara I (Daniel Budiman Sugiarto) dan Juara II (Shania Desiana) dan Juara III juga ditetapkan sebagai wakil Provinsi Jawa Barat untuk mengikuti kompetisi nasional “Chinese Bridge se-Indonesia” ke-18 di Jakarta pada tanggal 21 April 2019. Dalam kompetisi final ini, Shania kembali mendulang prestasi sebagai Juara Harapan Pertama, satu-satunya juara kategori mahasiswa dari perwakilan Jawa Barat. Shania merupakan kebanggaan ABA INTERNASIONAL, sekaligus juga kebanggaan Jawa Barat. Daniel yang menampilkan permainan Erhu / biola versi Tiongkok dalam penampilan bakatnya juga mendapatkan nilai tinggi 93,43, pencapaian yang sangat membanggakan, penampilannya pun dinilai sangat menghibur dan telah menyajikan kenikmatan tersendiri bagi telinga pendengar.

Namun siapa nyana, kedua mahasiswa yang tegak berdiri di podium lomba nasional tersebut, yang telah menyampaikan pidato dan menjawab pertanyaan dalam bahasa Mandarin, sebelum berkuliah di ABA INTERNASIONAL, ternyata sama sekali tidak paham bahasa-terlebih lagi aksara- Mandarin. Daniel kini adalah mahasiswa tingkat pertama di ABA INTERNASIONAL dan baru mempelajari bahasa Mandarin selama 8 bulan sebelum mengikuti kompetisi. Sedangkan Shania adalah seorang mojang priangan yang sedang menempuh kuliah semester empat bersama dengan Desyana Trisnawati (pemenang juara pidato Chinese Bridge se-Jawa Barat). Mereka yang belum terlalu lama mempelajari bahasa Mandarin saja telah memperoleh prestasi yang demikian gemilang dan membanggakan, selain hasil kerja keras mahasiswa sendiri, tentu tidak terpisahkan juga dari bimbingan seksama para dosen yang bekerjasama dalam pembagian tugas mempersiapkan mahasiswa peserta lomba.

ABA INTERNASIONAL, dengan dua lokasi kampus (Kota Baru Parahyangan dan Jl.Soekarno Hatta 22 Bandung), masih berfokus dalam pengembangan satu program studi (D-III Bahasa Mandarin) yang memberikan dua pilihan waktu perkuliahan (kelas pagi dan kelas karyawan). Total dosen dan mahasiswa aktif saat ini sekitar 125 orang. Tim dosen ABA INTERNASIONAL terdiri dari gabungan WNI dan WNA dengan kualifikasi Magister (S2) terutama di jurusan Pengajaran Bahasa Mandarin Internasional yang ditempuh di berbagai universitas ternama di RRT. Direktur ABA INTERNASIONAL, Ibu Sophiani Regina, adalah lulusan sarjana dan pascasarjana Universitas Xiamen ; Dosen pengampu mata kuliah Percakapan di tingkat dasar dan menengah,Ibu Tati Sugiarti, adalah Magister Terapan Universitas Keguruan Guangxi ; Dosen - dosen Bahasa Mandarin Komprehensif tingkat dasar, menengah dan pemahaman lisan serta tulisan, Ibu Noviyanti, Ibu Selvianti dan Bapak Ile Lim, menempuh pendidikan magister terapannya di Universitas Keguruan Hebei. Dosen WNA/Native Speakers ABA INTERNASIONAL berasal dari Tiongkok, beliau berlatar belakang pendidikan Pengajaran Bahasa Mandarin dan rumpunnya, serta telah memiliki pengalaman mengajar dan kelengkapan yang diwajibkan pemerintah Indonesia untuk dimiliki TKA. Dengan tim dosen yang berbobot, fondasi kokoh bagi keberhasilan dan prestasi gemilang mahasiswa pun mulai terbentuk.

ABA INTERNASIONAL, yang berdiri tahun 2004, telah menghasilkan ratusan lulusan bermutu yang 100% terserap ke dunia kerja tanpa masa tunggu, baik ke dunia industri maupun pendidikan. Sebagian besar lulusan ABA INTERNASIONAL bekerja di perusahaan nasional ataupun asing sebagai tenaga penerjemah dan intertpreter, misal: di CREC/China Railway Road Company yang bekerjasama dengan Pemerintah RI dalam proyek kereta api cepat, perusahaan ponsel VIVO, Krakatau Steel dll. Sebagian lagi bekerja sebagai tenaga pengajar bahasa Mandarin di berbagai sekolah di Jawa Barat, menyumbangkan tenaganya untuk mendidik lebih banyak lagi siswa agar dapat menguasai bahasa Mandarin.

Setelah lulus menempuh perkuliahan enam semester (tiga tahun), level Bahasa Mandarin yang dicapai para mahasiswa ABA INTERNASIONAL termasuk memuaskan. Selesai dari semester empat pun, para mahasiswa umumnya telah dapat lulus ujian HSK level empat (tertinggi level enam), beberapa bahkan dengan angka gemilang diatas 290 (maksimal 300). Dengan prestasi demikian, ditambah lagi kebutuhan yang semakin meningkat terhadap SDM dengan kemampuan bahasa Mandarin yang mumpuni, lulusan ABA INTERNASIONAL memperoleh kesempatan kerja yang lebih luas dan bahkan memiliki kebebasan untuk menentukan pilihan tempat bekerja. Sebelum lulus pun, banyak instansi yang “memesan” calon lulusan dengan tawaran gaji dan tunjangan sosial menggiurkan.

Bagi lulusan yang memilih untuk melanjutkan pendidikannya, ABA INTERNASIONAL juga menjalin kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi di RRT, di antaranya yang sudah berjalan adalah Xiamen University dan Hebei Normal University; yang sedang dalam tahap penjajakan adalah Huaqiao Normal University dan Capital Normal University.
Pembinaan dan pengembangan metode pengajaran di ABA INTERNASIONAL tidak pernah surut, standar “High Quality, Strict Governance” selalu diterapkan dan dipantau oleh yayasan, baik dalam hal pengawasan terhadap kinerja dosen, pengaturan kurikulum, kegiatan ekstra kurikuler pembinaan budaya yang beraneka ragam, dsb. Tujuannya untuk menciptakan suasana pembelajaran dan kehidupan kampus yang bermutu. Para mahasiswa ABA INTERNASIONAL berasal dari berbagai daerah, berbagai suku dan kalangan, semuanya berbaur rukun dan bertoleransi. ABA INTERNASIONAL pada hakikatnya sedari awal telah melaksanakan topik kompetisi “Chinese Bridge” tahun ini, yaitu “One World One Family”, maka dalam berbagai kegiatan yang diadakan kampus sering tergaung istilah “keluarga besar ABA INTERNASIONAL”.

Hasil akreditasi BAN-PT tahun 2018, Program Studi D-III Bahasa Mandarin ABA INTERNASIONAL telah mencapai Peringkat Akreditasi B. Ini merupakan penilaian sekaligus pengakuan atas kerja keras dan usaha kami selama ini, dan merupakan kebanggaan tersendiri bagi seluruh civitas Akademi ini.
Memasuki tahun ke-15, kami berharap keluarga besar ABA INTERNASIONAL akan semakin diperkokoh dan diramaikan dengan kehadiran dan keikutsertaan para mahasiswa dan rekan-rekan baru yang berusia muda dan penuh vitalitas dan semangat juang. Kami yakin, dengan kerja keras dan perjuangan kita bersama, ABA INTERNASIONAL akan menyongsong hari depan yang lebih cemerlang.

Bandung, Mei 2019

 

 

aeb736d3d46b434215fe4839f9fbf1c
Foto bersama Dosen dan Mahasiswa ABA Internasional Pemenang Chinese Bridge Jawa Barat 2019

 

 

2fbe1ca3edebde07ba2b663cf79c418
Foto bersama Dosen dan Mahasiswa ABA Internasional Pemenang Chinese Bridge Nasional 2019

 


IMG-20190418-WA0033 
Tim Dosen ABA INTERNASIONAL saat kegiatan 17 Agustus

 


 IMG-20190418-WA0036
Kegiatan bersama Dosen dan Mahasiswa di luar kampus

 


IMG-20190418-WA0039

ABA INTERNASIONAL menyelenggarakan kegiatan tahunan “Pelatihan Bahasa Mandarin” bagi TNI

 


IMG-20190418-WA0041

Kegiatan rutin tahunan “ABA GOT TALENT”

 


IMG-20190418-WA0042

Kegiatan praktek Mata Kuliah “Bahasa Mandarin Pariwisata”

 


汉语口语实践课
Kegiatan perkuliahan “Percakapan Bahasa Mandarin”