ABA Internasional Bandung

One Day Learn Chinese

Acara “One Day Learn Chinese” (daring via Zoom) yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 April 2021 pk.08:00 – 13:00 berjalan dengan lancar dan terencana.

Acara “One Day Learn Chinese” diselenggarakan dengan tujuan untuk menyamakan  persepsi peserta atas hubungan RI – RRT serta memberikan tambahan pengalaman dan wawasan mengenai dunia berbahasa mandarin dengan cara menawarkan kepada masyarakat umum kesempatan mempelajari Bahasa Mandarin dan budayanya selama satu hari, dengan harapan semakin bertambahnya ketertarikan masyarakat untuk mendalami Bahasa Mandarin yang sudah mendunia ini.

Untuk menjamin kelancaran koneksi dan koordinasi antar acara, dosen pemateri beserta panitia acara (total 7 orang) menjalankan kegiatan dari ruang kelas lantai empat di Kampus 1 ABA Internasional, Jl. Soekarno Hatta No. 22, Bandung, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah. Sedangkan, satu orang pemateri dan 160 orang lebih peserta kegiatan, yang 60%  di antaranya berusia 18 tahun ke atas, mengikuti acara secara daring via Zoom meeting.

Adapun rangkaian lengkap acara ODLC 2021 ABA Internasional adalah :
1. Perkenalan Kampus / 学院简介

Setelah sambutan pembukaan dari Ibu Sophiani Regina, sesi dilanjutkan oleh dua orang pengurus Himpunan Mahasiswa (HIMA) yang memperkenalkan ABA Internasional Bandung beserta prodi D3 Bahasa Mandarin nya. Di dalam sesi ini juga terdapat satu orang mahasiswa aktif tingkat akhir (Linus Ken Harsono) dan alumnus (Wulandewi) yang bersedia berbagi pengalamannya dalam mempelajari Bahasa dan Budaya Mandarin, serta satu orang alumnus (Jihan Fazri Salsabila, lulus 2019) yang berbagi kisahnya yang mendapatkan pekerjaan di proyek Kereta Api Cepat / KCIC dengan penghasilan cukup menggiurkan, mengingat ybs hanyalah lulusan Diploma, namun memiliki kelebihan di dalam komunikasi Bahasa Mandarin, baik lisan maupun tulisan.

Peserta yang tertarik dan mendaftar menjadi calon mahasiswa baru ABA Internasional tepat pada tanggal penyelenggaran ODLC Tahun 2021 mendapatkan keuntungan lebih dalam hal keringanan Sumbangan Pembangunan.

2. Seminar : Pentingnya Menguasai Bahasa Mandarin 讲座:掌握汉语多重要

Pemateri sesi seminar adalah Direktur ABA Internasional, Ibu Sophiani Regina, B.A., M.TCSOL. Isi seminar yang bersumber dari berbagai macam data dan angka ini adalah pengaruh dan posisi RRT di dunia pada saat ini serta hubungan kerjasamanya secara khusus dengan Indonesia, yang sebenarnya membuka peluang kerja lebih banyak bagi masyarakat, apalagi bila tenaga kerja ybs menguasai Bahasa Mandarin sehingga memperlancar komunikasi di tempat kerja dan koordinasi yang lebih efektif antara pihak RI dan RRT.

Sebagai pelengkap, pemateri juga menyajikan beberapa video tokoh – tokoh terkenal yang mempelajari Bahasa Mandarin di sela – sela kepadatan aktivitas mereka sehari – hari (Tony Rudd, John Cena) hanya karena mereka beranggapan Bahasa Mandarin dapat membuka kesempatan lebih banyak untuk mengembangkan karir dan atau bisnis mereka, meskipun ada juga alasan pribadi (Mark Zuckerberg).

3. Percakapan Bahasa Mandarin / 汉语口语

Sesi ini dibawakan oleh salah satu tenaga pengajar ABA Internasional, Bapak Ile Lim, dengan metode interaktif yang sering membutuhkan partisipasi peserta untuk menjawab lisan atau berkomunikasi via goresan/tulisan di layar. Meskipun belajar via daring, antusiasme peserta tetap terlihat ketika pengajar tiba ke bagian latihan yang disuguhkan dalam berbagai bentuk dan banyak sekali peserta yang bersedia berpartisipasi.

4. Kaligrafi /书法

Sesi Kaligrafi Bahasa Mandarin dibawakan oleh salah satu alumnus ABA Internasional, Eka Satriani Ramadan, yang memandu para peserta untuk menulis langkah per langkah huruf yang ditampilkan (中国). Peserta dapat mengunggah karyanya ke Instagram untuk dipilih mendapatkan tulisan nama dari pengajar atau hadiah langsung dari panitia untuk peserta yang postingan fotonya mendapatkan jumlah likes terbanyak dalam kurun waktu 24 jam.

5. Chinese Knot /中国节

Sesi Chinese Knot dibawakan dua orang mahasiswa tingkat dua yang juga merupakan pengurus aktif di dalam HIMA. Para mahasiswa mengajak peserta membuat “Capung” dengan petunjuk step-by-step dengan panduan video yang dapat diunduh dan dilihat sendiri saat pengerjaan. Hasil karya peserta yang memperoleh likes terbanyak juga mendapatkan hadiah langsung dari HIMA ABA Internasional.

Di akhir acara, panitia mengirimkan tautan umpan balik melalui WAG kegiatan dengan tujuan untuk memeperoleh pendapat / saran/ komentar secara langsung dari peserta. Ternyata, hasilnya cukup menggembirakan karena beberapa pimpinan Yayasan Citra Cemara yang juga menyempatkan diri untuk mengikuti jalannya acara serta sebagian besar peserta merasa puas dengan acara ODLC tahun 2021 ini dan menyatakan bersedia mengikuti kembali apabila ABA Internasional menyelenggarakan acara serupa di masa mendatang. Namun, tentu saja tidak ada yang sempurna, masih banyak hal yang dapat kami perbaiki dan tingkatkan di penyelenggaraan acara berikutnya.

Share Post On:

Open chat
Butuh bantuan?