ABA Internasional Bandung

Kerjasama ABA Internasional Bandung dengan Pusdik Pengmilum TNI AD

Sejak didirikan oleh Yayasan Citra Cemara pada tahun 2004 , ABA Internasional Bandung dengan Prodi D-III Bahasa Mandarin telah setia dengan komitmennya untuk menghasilkan sebanyak mungkin tenaga terampil yang memiliki kemampuan Bahasa Mandarin yang mumpuni, baik secara lisan maupun tulisan. Para alumnus pun telah memberikan kontribusi kepada masyarakat, terutama dunia industri (mis: Proyek Kereta Api Cepat Indonesia-China/KCIC, perusahaan, bank dan bidang usaha lainnya) serta dunia pendidikan (menjadi guru Bahasa Mandarin di sekolah, tempat kursus, dll).

Bahasa Mandarin semakin dibutuhkan di berbagai bidang, termasuk militer. Mulai tahun 2019, Pusat Pendidikan Pengetahuan Militer dan Umum Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Pusdikpengmilum Kodiklatad) memilih untuk bekerjasama dengan ABA Internasional dalam hal penyelenggaraan Kelas Intensif Bahasa Asing (KIBA) Mandarin Dasar bagi TNI AD terpilih yang berasal dari seluruh Indonesia, terutama dalam hal pengadaan tenaga pengajar dan koordinasi pembaruan kurikulum, yang ditandai dengan perjanjian tertulis. Untuk tahun 2021, pengajar dari ABA Internasional Bandung total empat orang, termasuk Direktur Sophiani Regina, B.A., M.TCSOL dan alumni (Nurul Hasanah, S.E., A.Md, Eka Satriani Ramadan, A.Md, dan Siti Solihah Mariyam, A.Md.), sedangkan pengajar dari Pusdik Pengmilum ada tiga orang (Letda Caj (K) Regina Priscylia, S.Hum, Sertu Redy Sutrisno dan Serka Budiman).

Awal belajar KIBA Mandarin tahun 2021 ditandai dengan upacara Pembukaan Pendidikan tanggal 3 Juni 2021 di aula Pusdikpengmilum yang dihadiri oleh Komandan, para Kepala Bagian, tenaga pengajar/dosen, peserta didik, dll. Karena dalam keadaan pandemi CoViD-19, upacara diadakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. ( Artikel terkait telah dimuat dalam Surat Kabar Guoji Ribao  7 Juni 2021 dengan judul万隆国际外语学院和陆军军事常识教育中心合作举办汉语初级版开学典礼,http://epaper.guojiribao.com/shtml/gjrb/20210607/76361.shtml ) Selain Bahasa Mandarin, PusdikPengmilum juga menyelenggarakan Pendidikan Bahasa Asing lainnya (mis: Bahasa Inggris, Arab, Jerman, Portugis, dll) , Pendidikan Bahasa Daerah, serta Pendidikan bidang lainnya yang diselenggarakan dalam kurun waktu yang beragam setiap tahunnya.

Foto 1. Pidato Komandan PusdikPengmilum Brigjen TNI Faisal Ahmadi, S.I.P, M.M, CHRMP dalam upacara pembukaan 3 Juni 2021

Foto 2. Keadaan upacara pembukaan KIBA 3 Juni 2021 dengan protokol kesehatan

KIBA Mandarin Dasar diselenggarakan dengan tujuan mempersiapkan beberapa tentara terpilih untuk tugas di masa dating (menemani tamu asing, tugas belajar lanjutan, dll). 12 orang peserta didik (serdik) datang dari latar belakang, suku dan berbagai daerah penugasan di Indonesia, bahkan hingga daerah Indonesia paling timur (Papua) sekalipun. Selama satu semester masa penyelenggaraan pendidikan, semua serdik tinggal dan beraktivitas di dalam lingkungan PusdikPengmilum. Pembelajaran diadakan setiap hari Senin – Sabtu, pukul 07:00 – 16:00 (kecuali Sabtu hingga pukul 12:00), dilanjutkan bimbingan dan penyuluhan tambahan bagi serdik yang membutuhkan di malam harinya.

Dengan pengaturan jadwal yang intensif, dibarengi dengan koordinasi dan partisipasi aktif para pengajar dari ABA Internasional dan Pusdik Pengmilum, serta keseriusan para serdik dalam menuntut ilmu, di akhir pembelajaran umumnya semua dapat mencapai HSK level 2 dalam kemampuan Mendengar, Membaca, Menulis dan Berbicara Bahasa Mandarin.

Foto 3. Selesai upacara, dilanjutkan pertemuan koordinasi antara direktur dan tiga orang pengajar KIBA Mandarin Dasar lainnya dari ABA Internasional Bandung dengan pihak PusdikPengmilum

Silahturahmi ABA Internasional dengan PusdikPengmilum sebenarnya terjalin jauh sebelum adanya pandemi, bahkan sejak 2017 sebelum penandatangan Kerjasama pun, setiap tahunnya PusdikPengmilum selalu merencanakan kegiatan kunjungan keluar dari Pusdik Pengmilum, termasuk kunjungan ke Kampung Bahasa, Pusat Bahasa Mandarin dan tentunya juga ke kampus ABA Internasional Bandung.

Foto 4. Penandatanganan MoU Kerjasama PusdikPengmilum ke ABA Internasional (2019)

Foto 5. Foto bersama di akhir kegiatan kunjungan PusdikPengmilum ke ABA Internasional (2017)

Foto 6. Foto bersama di akhir kegiatan kunjungan PusdikPengmilum ke ABA Internasional (2018)

Di kampus ABA Internasional, para serdik akan mendapat kesempatan untuk mempraktikkan langsung Bahasa Mandarinnya melalui percakapan dengan dosen native speaker dan mahasiswa prodi DIII Mandarin tahun kedua atau ketiga dalam rangkaian kegiatan yang diorganisir oleh dosen dan himpunan mahasiswa ABA Inter Bandung.

Foto 7. Kelas percakapan saat kunjungan ke ABA Internasional Bandung (sebelum pandemi)

Foto 8. Kelompok praktek percakapan berfoto dengan salah satu dosen Native Speaker ABA Inter

Foto 9. Kelas Kaligrafi/Shufa saat kunjungan ke ABA Internasional Bandung (sebelum pandemi)

Dalam keadaan pandemi yang tidak memungkinkan para serdik melaksanakan kegiatan di luar Pusdik, agar dapat tetap mempertahankan dan bahkan meningkatkan ketertarikan para serdik memperdalam Bahasa Mandarin, selain belajar tata bahasa Bahasa Mandarin yang baik, para serdik juga dikenalkan dengan budaya Tionghoa, termasuk di antaranya : Lagu Mandarin(中文歌曲), Kaligrafi Mandarin/Shūfǎ(书法), Chinese Knot(中国节), Chuī huà/吹画, memasak Jiǎozi(做饺子), cerita legenda terkenal (cth : Sun Wukong), barongsai,  dll.

Foto 10. Kegiatan Membuat dan Memasak Jiǎozi(做饺子)

Foto 11-12. Kegiatan Kaligrafi/Shūfǎ 书法di dalam kelas

Foto 13. Kegiatan Chuī huà/吹画 di dalam kelas

Demi menjaga imunitas serdik dalam masa pandemi sekarang ini, setiap hari pukul 09:00 semua kegiatan pembelajaran wajib dihentikan dan semua harus berbaris dan berjalan mengelilingi lapangan dalam Pusdik Pengmilum sebanyak 3 – 5 kali, diikuti kegiatan berjemur di lapangan upacara bendera, di mana semua orang duduk bersila sambil mengonsumsi makanan ringan yang telah dipersiapkan. Dalam kesempatan ini, pimpinan akan mempersilakan serdik dari berbagai kelas untuk tampil ke depan untuk berbicara dalam Bahasa asing yang telah dipelajarinya lalu menerjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia agar dapat dimengerti oleh serdik kelas lainnya. Kegiatan terakhir adalah informasi dan pengarahan yang diberikan Komandan yang senantiasa mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri dan hubungannya dengan kesehatan dan keselamatan orang sekitar.

Foto 14. Serdik keluar kelas setiap pk. 09:00 untuk berbaris rapi mengelilingi lapangan Pusdik

Foto 15. Selesai berjalan, semua duduk berjemur di lapangan Pusdik selama kurang lebih 20 menit sambil menikmati snack

Foto 16. Untuk mengisi waktu, beberapa perwakilan serdik aktif tampil ke depan berbicara atau menampilkan hasil pembelajarannya selama ini

Foto 17. Sebelum kembali belajar ke kelas, Komandan PusdikPengmilum memberikan pengarahan

Akhir kata, pihak ABA Internasional Bandung akan mendukung penuh program Kelas intensif PusdikPengmilum yang memang sejalan dengan visi misi Program Studi D-III Bahasa Mandarin. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan imunitas tubuh yang baik dalam menjalani segala aktivitas sambil tetap terus menjalankan anjuran pemerintah untuk memperhatikan protokol kesehatan dan 5M.

ABA Internasional Bandung

Sophiani R – Juni 2021

Open chat
Butuh bantuan?